Masuk Kampanye Terbuka, Caleg Bisa Kampanye di Media Massa

MAYANGAN – Kampanye terbuka Pemilu 2019 dimulai bulan Maret, tepatnya mulai 24 Maret sampai 13 April 2019. Namun, jadwal untuk kampanye parpol belum turun.

“Belum turun untuk jadwal kampanye parpol. Kalau jadwal kampanye capres-cawapres sudah turun,” ujar Ahmad Hudri, ketua KPU Kota Probolinggo

Hudri menjelaskan, jadwal kampanye parpol disusun oleh KPU RI. KPU Daerah hanya menyampaikan kepada masing-masing parpol. “Saat masa kampanye terbuka, parpol juga bisa menggunakan media massa untuk berkampanye,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Nur Elya Anggraeni, koordinator Divisi Humas, Bawaslu Jatim saat sosialisasi pada parpol dan media di Kota Probolinggo, beberapa waktu lalu. “Kegiatan kampanye caleg atau parpol di media massa baru boleh dilakukan saat masa kampanye terbuka. Mulai 24 Maret sampai 13 April,” jelasnya.

Namun, memberitakan pasangan calon atau parpol, bisa dilakukan meskipun tidak saat kampanye terbuka. Tetapi, media massa tetap harus berimbang dalam memberitakan.

“Berimbang dalam hal ini penempatan berita juga harus sama antara pasangan calon,” ujarnya.

Nur Elya mencontohkan, paslon nomor 3 kampanye, diterbitkan di media massa di bagian headline. Sementara paslon nomor 4 tidak berkampanye di Kota Probolinggo saat itu.

“Silakan saja kampanye paslon nomor 3 diberitakan di media massa. Asalkan saat paslon nomor 4 kampanye, juga diberitakan dengan posisi yang sama. Kalau paslon nomor 3 di headline, maka paslon nomor 4 di headline,” ujarnya. (put/hn)