Pejabatnya Pensiun, Posisi Kepala Dispendukcapil di Kota Pasuruan Dijabat Plt

PANGGUNGREJO – Jumlah pejabat eselon dua di lingkungan Pemkot Pasuruan kembali berkurang. Itu setelah Suhari yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan pensiun pada Februari lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan, Muhammad Fakih mengungkapkan Suhari memasuki masa pensiun sejak 1 Februari lalu. Saat ini, posisinya digantikan oleh Siti Mariyam yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dispendukcapil.

“Suhari resmi pensiun per 1 Februari. Posisinya dijabat oleh Siti Mariyam sebagai pelaksana tugas (Plt) sampai adanya pejabat definitif,”ungkap Fakih.

Fakih menjelaskan dengan pensiunnya Suhari, maka posisi eselon dua yang dijabat oleh Plt sebanyak 9 posisi. Selain Kepala Dispendukcapil, delapan posisi lainnya adalah dinas pendidikan dan kebudayaan (P dan K) dan kepala Inspektorat. Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo). Lalu, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Sejauh ini BKD belum dapat kapan pengisian posisi kosong tersebut oleh pejabat definitif. Sebab, pejabat definitif untuk posisi eselon dua yang kosong itu harus melalui lelang jabatan. Waktu tahap lelang ini merupakan kewenangan wali kota.

“Tentunya ada ada tahap lelang untuk posisi eselon dua yang kosong itu. Waktunya kapan tidak bisa kami pastikan. Sebab itu kewenangan walikota,” pungkas Fakih. (riz/fun)