Relokasi Puskesmas Wonorejo Disiapkan Rp 1,9 Miliar, Direncanakan Realisasi Tahun Ini

BANGIL – Demi mempermudah akses pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Pasuruan berencana merelokasi Puskesmas Wonorejo. Untuk merealisasikanya, Pemkab telah menyiapkan anggaran pembangunan gedung sebesar Rp 1,9 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Agung Basuki mengatakan, rencana relokasi itu masih tahap pembangunan. Dana miliaran rupiah itu merupakan alokasi anggaran yang disiapkan tahun ini. Belum termasuk pengadahan tanah serta pembangunan struktur gedung yang direalisasikan tahun sebelumnya.

Agung mengatakan, dana untuk pengadaan lahan dialokasikan Rp 680 juta. Tanah seluas 1.200 meter persegi itu telah diratakan dan dibangun strukturnya dengan anggaran Rp 1,4 miliar. “Tahun ini merupakan kelanjutan proses pembangunan yang dimulai pada 2018. Kami alokasikan Rp 1,9 miliar untuk menyelesaikan gedungnya tahun ini,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran Rp 1,9 miliar itu untuk pembangunan gedung dua lantai. Selain gedung poli, juga ada UGD dan ruang rawat jalan. “Prosesnya masih tahap perencanaan. Perkiraan Juni sudah mulai ada pengerjaan,” ujarnya.

Puskesmas Wonorejo direlokasi karena selama ini dinilai kurang strategis. Sehingga, dalam hal pelayanan kurang representatif. “Kami relokasi ke Desa Wonosari, Kecamatan Wonorejo, dekat jalan raya. Aksesnya mudah karena berada di tepi jalan raya,” ujarnya. (one/rud/fun)