Ajak Warga Kota Pasuruan Sadar Pajak lewat Jalan Sehat

PURWOREJO-Ribuan warga Kota Pasuruan antusias mengikuti Jalan Sehat Sadar Pajak hasil kerja bareng antara Pemkot Pasuruan dengan Jawa Pos Radar Bromo, kemarin (15/3). Kegiatan ini mengajak masyarakat Kota Pasuruan agar lebih tertib dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Masyarakat sendiri mulai memadati GOR Untung Suropati (Unsur) sejak pukul 06.00. Tidak hanya dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pasuruan saja, masyarakat sipil sampai anak sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA, juga mengikuti jalan sehat ini.

Turut hadir dalam kegiatan jalan sehat sadar pajak ini Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan Bank Jatim Cabang Pasuruan, camat dan lurah se-Kota Pasuruan.

Peserta mengumpulkan kupon di titik yang disediakan panitia. (Foto: Mokhammad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Rute jalan sehat dimulai dari GOR Unsur lalu melintasi Jalan Sultan Agung, kemudian berbelok ke utara melewati Jalan Pati Unus. Selanjutnya, berbelok ke barat di pertigaan Masjid Sunan Ampel dan melewati Jalan Sunan Ampel, kemudian berbelok ke selatan melewati Jalan Wahidin dan berbelok ke timur melewati Jalan Sultan Agung. Baru kemudian kembali ke GOR Unsur.

Raharto Teno Prasetyo mengungkapkan, kegiatan jalan sehat sadar pajak ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak di Kota Pasuruan. Yakni, dengan membayar kewajiban PBB-P2 lebih awal atau sebelum jatuh tempo pada Agustus mendatang.

Menurutnya, dalam Perda Nomor 11/2012 tentang PBB-P2, diatur sanksi administrasi tentang wajib pajak yang enggan membayar pajak tepat waktu. Nah, dalam kesempatan ini, pemkot memberikan pemutihan dalam waktu tiga bulan.

“Kami mengajak masyarakat untuk membayar PBB-P2 sebelum jatuh tempo. Bagi masyarakat yang membayar pada periode Maret sampai Mei, maka akan mendapatkan pemutihan sanksi administrasi,” jelas Teno -sapaan akrabnya-.

BERUNTUNG: Peserta juga meraih aneka doorprize selama acara. (Foto: Mokhammad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pasuruan Agung Budi Utomo mengungkapkan, dalam kegiatan jalan sehat sadar pajak ini, masyarakat Kota Pasuruan dapat berperan serta mewujudkan pembangunan. Salah satunya dengan membayar sebelum jatuh tempo.

Menurutnya, selama ini masih ada wajib pajak yang belum sadar dengan kewajibannya. Pemkot sendiri sudah memberikan sanksi administrasi, berupa denda sebesar 2 persen setiap bulan atas keterlambatan pembayaran pajak.

“Dengan membayar pajak, maka secara tidak langsung masyarakat telah membantu pembangunan di Kota Pasuruan. Karena itu, kami mengajak bagi setiap wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya berupa pembayaran sebelum jatuh tempo,” jelasnya.

Masyarakat sendiri begitu antusias mengikuti kegiatan jalan sehat sadar pajak sampai berakhir pukul 10.00. Maklum, dalam kegiatan ini, masyarakat yang beruntung dapat membawa pulang sejumlah hadiah menarik yang sudah disiapkan.

“Saya sengaja menunggu kegiatan ini sampai berakhir, barangkali saya dapat hadiah. Toh, kami juga dihibur dengan penampilan lagu sejumlah artis Jawa Timur di panggung. Jadi, walaupun menunggu, tidak masalah,” terang salah satu warga asal Kelurahan Petamanan, Mukmin. (riz/rf)