Tinjau Kesiapan KPU untuk Pemilu, DPRD Jatim Ingatkan Pengamanan Kotak Suara

KROSCEK PERSIAPAN: Sejumlah anggota Komisi A DPRD Provinsi saat ditemui anggota KPU Kabupaten Pasuruan, Jumat (15/3). (Foto: KPU Kabupaten Pasuruan for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Rombongan Komisi A DPRD Provinsi Jatim mendatangi kantor KPU Kabupaten Pasuruan, kemarin (15/3). Mereka mengingatkan pengamanan kotak suara saat pemilu.

Seperti yang disampaikan Ketua Komisi A DPRD Jatim Hasan Irsyad. Menurutnya, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan KPU Kabupaten Pasuruan dalam Pilpres dan Pileg 2019.

Yang pertama, pengamanan kotak suara harus diperhatikan. Karena kotak suara yang direalisasikan saat ini berupa kardus. “Saat didistribusikan di kecamatan, KPU harus memastikan aman. Tempat penyimpanannya pun juga terjaga dengan baik. Intinya, jangan sampai kotak suara yang ada, rusak. Karena kan memang rentan rusak,” sampainya.

Selain itu, sosialisasi perlu diintensifkan oleh KPU Kabupaten Pasuruan. Kaitannya dengan banyaknya kertas yang harus dicoblos oleh masyarakat.

Dalam pemilu tahun ini, ada lima kertas suara yang harus dicoblos masing-masing pemilih. Selain pilpres, ada kertas suara DPR RI, DPRD Povinsi, serta DPRD Kabupaten Pasuruan dan DPD.

“Intensif sosialisasi ini diperlukan agar tidak ada salah coblos,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di Kabupaten Pasuruan. Karena peninjauan tersebut dilakukan di tempat-tempat lain.

“Ini menjadi tugas kami untuk memantau sejauh mana kesiapan KPU di daerah Jawa Timur dalam menghadapi pilpres dan pileg,” pungkasnya.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Zainul Faizin menguraikan, akan memperhatikan beberapa catatan tersebut. “Seperti soal kotak suara. Kami pastikan untuk keamanannya,” pungkasnya. (one/fun)