Curi TV Siang Hari, Warga Mandaranrejo Dimassa usai Tepergok Satpam Perumahan

PURWOREJO – Pencurian di rumah kosong (rumsong) terjadi di Perumahan Tambak Yudan, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Novian Febri, 27, nekat mencuri saat siang hari di sebuah rumah, Sabtu (16/3). Dia pun dihajar sejumlah warga perumahan setempat.

Pencurian ini terjadi pukul 12.00, saat rumah dalam kondisi kosong. Awalnya, pelaku yang warga Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, bersepeda motor ke Perumahan Tambak Yudan. Dia lantas berhenti di depan rumah Yuli, 42, dengan mengendarai Honda Beat warna putih nopol N 5877 TAL.

Yuli sendiri, tidak ada di rumah. Korban yang berprofesi sebagai guru, sedang mengajar di MI Roudhatul Sibyan, Tapaan.

Pelaku lantas memarkir motornya di depan pagar rumah korban, dalam keadaan kunci motor masih terpasang. Sejurus kemudian, pelaku masuk ke halaman rumah korban. Dia mencongkel pintu utama rumah dengan menggunakan obeng. Namun, upaya ini tidak berhasil.

Ia pun mencongkel jendela pintu samping di sisi utara pintu utama. Usahanya kali ini berhasil. Begitu jendela terbuka, pelaku masuk dan mengacak-acak sejumlah barang di rumah itu.

Tak lama kemudian, ia mengangkut TV merk Polytron berukuran 40 inch. Juga mengambil smartphone merk Vivo milik Yuli.

Namun, apes. Saat itulah, Muji, satpam di kompleks perumahan setempat, melintas di depan rumah korban. Melihat motor diparkir di depan rumah dalam keadaan kunci masih terpasang, Muji pun berinisiatif mengingatkan pemilik motor.

Dia masuk ke rumah untuk memperingatkan agar kunci itu diamankan. Di sisi lain, pelaku kaget mengetahui ada satpam masuk ke rumah korban.

Langsung saja, pelaku kabur. Ia kabur dengan menggunakan tangga dan memanfaatkan lubang di atap ruang dapur di rumah itu.

Selanjutnya, ia melintasi genting dan melompat di utaranya Salon Ellen, tidak jauh dari rumah korban. Warga yang melihat aksinya pun langsung menangkapnya.

“Karena ketahuan ia sempat berniat kabur dengan menyeberangi kali di sisi timur rumah. Untung, ia berhasil tertangkap. Namun, smartphone Vivo milik korban jatuh ke sungai,” jelas seorang saksi mata yang mewanti-wanti namanya tidak disebut.

Begitu tertangkap, warga langsung paham, pelaku adalah pencuri di rumah korban Yuli. Warga pun langsung memukuli pelaku. Wajah pelaku pun jadi sasaran.

Syukur, aksi main hakim sendiri ini tidak berlangsung lama. Petugas Polsek Purworejo berhasil mengamankan pelaku, sesaat setelah aksi massa terjadi. Saat itu juga, pelaku dibawa ke Mapolsek setempat.

Kanitreskrim Polsek Purworejo, Bripka Hendra Trio menyebut, pihaknya mengamankan pelaku beserta sejumlah barang bukti hasil pencurian. Yaitu, TV Polytron dan smartphone Vivo. Serta Honda Beat milik pelaku.

“Kami masih mendalami aksi pencurian ini. Pengakuannya sih dia beraksi seorang diri dan menyasar rumah kosong. Ia dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman tujuh tahun,” ungkapnya. (riz/hn)