Maksimalkan Areal CFD Pasuruan, Warga Puas

PURWOREJO – Gelaran Car Free Day (CFD) di Kota Pasuruan, tak pernah sepi dari pengunjung. Minggu (17/3), ratusan warga begitu antusias memadati areal CFD, baik di GOR Untung Suropati (Unsur) maupun di sepanjang Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan.

HIBURAN GRATIS: Pixal Band menjadi salah satu hiburan yang bisa dinikmati dalam kegiatan CFD Kota Pasuruan, Minggu (17/3). (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Antusiasme ini membuat gelaran CFD semakin meriah. Seperti biasa, warga mulai memadati lokasi CFD sejak pukul 05.30. Mereka begitu antusias mengikuti dan menikmati kegiatan yang dilaksanakan selama tiga jam sampai pukul 09.00 ini.

Dalam kegiatan ini, warga bisa mengikuti beragam kegiatan kesehatan. Salah satunya berupa senam masal. Warga juga dihibur musik yang dibawakan Pixal Band. Pengunjung yang beruntung, juga berkesempatan mendapatkan sejumlah hadiah.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan Wahid Yulianto mengatakan, pelaksaan CFD semakin meriah dan lebih semarak setiap pekannya. Ini, tidak terlepas dari hiburan yang bervariasi dan hadiah yang diberikan.

Ia menjelaskan, pihaknya terus berupaya memaksimalkan areal CFD. Salah satunya menggabungkan lokasi para pedagang kaki lima (PKL) berjualan dengan areal CFD. Sehingga, pengunjung yang ingin makan atau berbelanja bisa langsung melakukannya.

Pihaknya juga tidak menampik jika areal CFD kurang ideal dibanding dengan kebutuhan. Akibatnya, banyak PKL yang tidak bisa berjualan di areal CFD karena keterbatasan tempat. Namun, Wahid berharap, masyarakat dan PKL bisa memanfaatkan CFD dengan baik.

“Kami minta maaf jika ada PKL yang tidak bisa tertampung. Begitu pula masyarakat. Mohon pengertiannya jika areal CFD harus berbagi dengan PKL. Ke depan kami akan terus memaksimalkan CFD agar semakin baik lagi,” ujar Wahid.

Sejumlah pengunjung tampak menikmati gelaran CFD. Salah satunya, Amin, warga Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo. Ia mengaku puas dengan CFD tahun ini. Ia berharap, ke depan CFD bisa semakin menarik.

“Sudah puas. Kami bisa mengikuti senam dan mendapatkan kesempatan memperoleh hadiah. Kalau bisa pertunjukannya dibuat bervariasi. Tidak hanya pertunjukan seni, mungkin bisa pertunjukan lainnya,” ujarnya. (riz/*)

BEBAS POLUSI: Warga menikmati areal bebas kendaraan di Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)