PNS Luar Boleh Daftar Lelang Jabatan Eselon II di Pemkab Probolinggo

KRAKSAAN – Assessment lelang jabatan eselon II di Pemkab Probolinggo mendapatkan persetujuan dari komisi aparatur sipil negara (KASN) Kemenpan RB. Kamis lalu (14/3), Panitia seleksi (Pansel) mengumuman dibukanya seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di Kabupaten Probolinggo.

Pendaftaran lelang jabatan eselon II itu sendiri dibuka mulai Kamis (14/3) sampai 28 Maret mendatang. Dalam lelang jabatan ini, PNS dari luar Kabupaten Probolinggo, khususnya lingkup Jawa Timur, diperbolehkan untuk ikut. Hanya saja, diutamakan bagi PNS di Kabupaten Probolinggo.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo. Saat dikonfirmasi kemarin, Tutug mengatakan, pengumuman assesment lelang jabatan eselon II itu sudah dibuka dua hari lalu (Kamis, Red) dan diumumkan lewat website BKD Kabuapten Probolinggo dan website Pemkab Probolinggo.

”Sudah diumumkan di website dan dibuka pendaftarannya mulai kemarin (Kamis Red). Untuk persyaratan dan tahapan-tahapannya sudah ada di lampiran pengumuman,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Tutug menyebutkan, peserta dari luar Kabupaten Probolinggo diperbolehkan. Hanya saja, dalam pengumuman sudah disampaikan, diutamakan PNS dari Kabupaten Probolinggo. Sedangkan peserta dari luar Kabuapten Probolinggo, tentu ada ketentuan dan persyaratan khusus.

”Tahapannya itu mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi, penulisan makalah, presentasi makalah dan penelusuran rekam jejak. Untuk efisiensi, maka yang dapat mengikuti ujian kompetensi dipilih 5 pelamar terbaik dalam seleksi administrasi,” paparnya.

Diketahui sebelumnya, lima jabatan eselon II yang kini masih kosong mulai dari Kepala Dinkominfo yang ditinggal Tutug Edi Utomo menjadi Kepala Bappeda. Kemudian Disnakertran, Sigit Sumarsono yang dimutasi menjadi kepala Inspektorat. Jabatan eselon II lainnya yang kosong Kepala Dinas Kesbangpol, Dinas Pemuda olaharga pariwisata dan budaya (Dispora parbud) dan Direktur RSUD Waluyojati Kraksaan. (mas/fun)