Siapkan Rp 4,5 M untuk Bangun Sel TPA Baru di Probolinggo

MAYANGAN – Tahun ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo bakal membangun sel Tempat Penampungan Akhir (TPA) baru. Anggaran Rp 4,5 miliar disiapkan untuk pembangunan ini.

Kepala DLH Kota Probolinggo Budi Krisyanto mengatakan, pembangunan sel TPA ini harus dilakukan. Sebab, dua sel TPA yang ada saat ini sudah overload.

Dikelaskan Budi Kris –panggilannya-, jumlah penduduk di Kota Probolinggo sekitar 240 ribu jiwa. Sedangkan jumlah sampah yang diproduksi mencapai 170 ton per hari.

TPA seluas 4 hektare itu hampir separonya sudah diperuntukan untuk sel TPA. Bahkan, kedua sel yang telah dibangun sudah tidak bisa lagi menampung sampah yang ada. Sehingga, pemerintah dalam hal ini DLH, tahun ini berencana membangun sel baru.

Sel baru itu rencananya akan dibangun di tengah antara sel satu dan sel dua. Luasnya seluas 4.000 meter persegi. Adapun dana yang disiapkan untuk pembuatan sel baru sekitar Rp 4,5 miliar.

“Tahun ini sudah kami anggarkan. Kami sudah ajukan pada perubahan (P-APBD) kemaarin. Dan mulai operasional tahun 2020,” terangnya.

Selain itu, harus ada upaya untuk mengurangi sampah dari sumbernya. “Jadi, mulai dari sampah rumah tangga, pasar, perhotelan, dan sebagainya harus dipilah,” bebernya.

Jika ada pemilahan serta daur ulang sampah dari tiap sumbernya, maka sampah yang masuk ke TPA otomatis berkurang. “Jadi, ada program yang harus dijalankan. Yakni, pengurangan sampah di TPA. Melalui program daur ulang dari sumbernya,” pungkasnya. (rpd/hn)