Asah Kemampuan Fotografi Siswa SMKN 3 Probolinggo

KANIGARAN – Puluhan siswa SMKN 3 Kota Probolinggo begitu antusias mengikuti pelatihan Jurnalistik Fotografi, Sabtu (16/3) lalu. Pelatihan ini digelar pihak sekolah dan bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00, itu diisi langsung oleh Fotografer Senior Jawa Pos Radar Bromo Zainal Arifin. Arif -panggilan akrab Zainal Arifin- memberikan materi tentang dasar-dasar fotografi, pengelanan sampai fungsi kamera. Serta, cara pengambilan gambar. Tak hanya menyampaikan teori, ia juga mengajak peserta mempraktikkan ilmu yang dipelajari.

“Awalnya kegiatan diisi dengan motivasi. Baru kemudian sharing pengetahuan tentang fotografi,” ujar Wakil Kepala SMKN 3 Kota Probolinggo Bidang Kesiswaan Kusmawati.

Menurutnya, pelatihan fotografi diikuti siswa ekstrakurikuler fotografi. Sebagian besar siswa ekstrakurikuler ini berasal dari kelas Desain Komunikasi Visual (DKV) dan juga dari jurusan lain. “Banyak yang ditanyakan oleh siswa, seperti jenis kamera. Untuk bisa memotret gambar dengan hasil yang bagus, apakah perlu menggunakan kamera khusus,” ujar Kusma mengulang pertanyaan siswanya.

Siswa juga ada yang bertanya tentang bagaimana komposisi fotografi yang tepat serta cara penggambilan gambar. Cara memotret produk makanan agar terlihat menarik, juga tak luput dari pertanyaan mereka. “Sebentar lagi ada ujian praktik fotografi tentang memotret makanan. Anak-anak juga menanyakan soal itu,” ujarnya.

Kusma menjelaskan, jurusan DKV fotografi merupakan salah satu bidang yang dipelajari. Terutama, fotografi ini berkaitan dengan seni dan teknologi. “Arahnya DKV ini nantinya ke advertaising,” ujarnya. (put/rud)