BOP PAUD Rp 3,6 M Cair Lebih Awal di Probolinggo

MAYANGAN – Para pengelola Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Probolinggo, bisa bernapas lega. Sebab, dana hibah sebesar Rp 3,6 miliar untuk 231 lembaga pendidikan mulai Kelompok Bermain hingga Taman Kanak-Kanak (TK) sudah dicairkan.

Biasanya, Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD disalurkan pada triwulan terakhir. Namun, kini disalurkan pada triwulan pertama. “Penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) merupakan prosedur untuk pencairan dana Hibah berupa BOP PAUD,” ujar Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan, dan Aset (BPPKA) Kota Probolinggo Imanto, Kamis (14/3).

Imanto berharap BOP ini bisa segera dimanfaatkan lembaga pendidikan dan dipertanggungjawabkan . Sedangkan, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan, penandatangan NPHD ini kali kedua dilakukan dalam masa pemerintahannya yang masih dalam hitungan bulan.

Menurutnya, BOP ini juga disalurkan pada triwulan pertama. Tidak seperti sebelumnya yang disalurkan pada triwulan terakhir. “BOP PAUD digunakan untuk honorarium tenaga pendidikan dan operasional lembaga dalam rangka membantu kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.

Ia mengingatkan, dalam pemerintahan ada mekanisme dan peraturan yang harus dipatuhi penerima hibah. Salah satunya pelaporan penggunaan dana hibah. “Tolong tertib dalam menyusun laporan penggunaan anggaran ini. Yang tertib menyampaikan laporan akan didahulukan pencairannya, yang lambat pencairan juga terakhir,” ujarnya. (put/rud)