Pemkab Rencana Bangun Perpustakaan Penyandang Disabilitas

KRAKSAAN – Kabupaten Probolinggo akan memiliki perpustakaan untuk penyandang disabilitas. Saat ini, pembentukan perpustakaan tersebut sedang dalam proses.

Pembentukan perpustakaan disabilitas tersebut rencananya direalisasikan tahun ini. Sebab, untuk buku-buku khusu difabel sendiri telah masuk dalam proses lelang.

“Doakan saja bisa tahun ini. Untuk pengadaan buku bukunya sendiri sudah masuk tahap lelang,” ujar Pustakawan Hestiono Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) saat dikonfirmasi.

Menurut pria yang akrab disapa Hesti itu, pembentukan perpustakan untuk disabilitas ini dilakukan guna memudahkan penyandang berkebutuhan kusus. Khususnya yang berada di Kabupaten Probolingho. Sebab, selama ini, untuk perpustakaan difabel belum ada.

“Ini yang pertama. Jadi selain memaudahkan yang sempurna juga harus memikirkan yang bekebutuhan kusus. Karenanya perpustakaan ini dibemtuk,” tambahnya.

Ia menilai, jika anak anak berkebutuhan khusus diberikan perpustakaan sendiri maka akan lebih baik. Bukan berarti membeda-bedakan. Sehingga, kemudian dibentuklah perpustakaan tersebut.

“Selain memudahkan, ini juga guna mendukung dan mensuport mereka. Sehingga lebih giat lagi dalam membaca dan menambah pengetahuan. Sehingga, mereka tidak ketinggalan dengan anak anak yang normal atau orang normal,” jelasnya.

Sememtara itu, sebelumnya Mariono, Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa setempat mengatakan, Dispersip memang memiliki proyek pengadaan untuk pembelian buku. Angkanya yaitu sekitar Rp 213 juta. Pengadaan tersebut telah masuk proses lelang. (sid/fun)