Tahun Ini Belum Bisa Pasang PJU di Jalan Tembus Bugulkidul-Blandongan

JALAN PEMUKIMAN: Pemotor melintas di jalan tembus Bugulkidul-Blandongan Senin (18/3) siang. Jika malam hari, di jalur ini minim penerangan lantaran belum ada PJU. (Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BUGULKIDUL – Masyarakat sepertinya harus lebih bersabar untuk melihat jalan tembus Bugulkidul-Blandongan dilengkapi dengan sarana penerangan jalan umum (PJU). Pasalnya, pemasangan PJU di ruas jalan tersebut masih belum jelas.

Kepala UPT PJU Dishub Kota Pasuruan, Ari Widodo mengungkapkan Dishub tidak bisa membangun PJU di lokasi tersebut. Pasalnya, berdasarkan SK Wali Kota, ruas jalan tembus Bugulkidul-Blandongan ini bukan merupakan jalan kota.

“Itu SK nya bukan jalan kota, melainkan jalan pemukiman. Kalau kami membangun PJU baru di lokasi tersebut, ya kami salah. Kecuali ada regulasi dari Walikota yang mengizinkan Dishub melakukan pemasangan PJU,” jelas Ari.

Sementara itu, pernyataan berbeda diutarakan oleh Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan, Uung Maf’udi. Menurutnya, sampai saat ini, status ruas jalan tersebut masih belum di SK kan.

“Saya sudah mengecek ke bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Katanya, statusnya masih belum di SK-kan. Kami sendiri belum menerima informasi jika jalan tersebut jalan pemukiman. Insya Allah, kami bakal lakukan koordinasi secepatnya,”terang Uung.

Di sisi lain, Ana, salah satu pengendara motor yang kerap menggunakan jalan tersebut berharap agar segera ada pembangunan PJU. Pasalnya, ruas jalan setempat sangat gelap dan membahayakan jika dilewati saat malam hari.

“Makanya, saya sendiri cuma memanfaatkan kalau pagi dan siang hari saja. Kalau malam, ya tidak berani. Takut ada apa-apa. Mudah-mudahan saja cepat ada pemasangan PJU. Sebab, keberadaan jalan tembus ini sangat bermanfaat untuk pengguna jalan,” pungkasnya. (riz/fun)