Temukan 7.025 Surat Suara Rusak di Kab Pasuruan

BANGIL – Ribuan surat suara pemilu 2019 mengalami kerusakan. Kerusakan itu ditemukan, setelah seluruh kegiatan pelipatan dirampungkan.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin mengungkapkan, ada sebanyak 6.012.899 surat suara yang diterima KPU Kabupaten Pasuruan. Jutaan surat suara itu, merupakan surat suara pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Pasuruan serta DPD.

Surat suara itu sudah seluruhnya dilakukan pelipatan, Selasa (12/3). Hasilnya, tidak semua surat suara dalam keadaan baik. Karena sebanyak 7.025 surat suara, mengalami kerusakan.

Kerusakannya beragam. Ada yang robek, cetakan kurang sempurna dan beberapa keruskan lainnya.

“Pelipatan sudah. Hasilnya, ada 6.005.874 lembar surat suara yang layak. Sedangkan, 7.025 lembar surat suara lainnya, dalam keadaan rusak. Ribuan lembar surat suara itu, merupakan temuan dari seluruh jenis surat suara. Baik pilpres, DPR RI, DPRD, hingga DPD,” ungkapnya.

Surat suara yang rusak itu, telah dilaporkan ke pusat. Selanjutnya, agar mendapatkan penggantian. “Nantinya, surat suara yang rusak, akan dilakukan pemusnahan,” pungkasnya. (one/fun)