Bersihkan Anak Sungai Wrati Diupayakan Akhir Bulan Ini

RAWAN TERSUMBAT: Sampah yang menumpuk di anak sungai Wrati di Desa Legok, Kecamatan Gempol. Karena menjadi penyebab tersumbatnya saluran, sampah ini rencananya akan dibersihkan dengan alat berat. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GEMPOL – Menumpuknya sampah di sekitar Dam Anak Kali Wrati, di Desa Legok, Kecamatan Gempol, akhirnya mendapat atensi instansi terkait. Pembersihan sampah dan normalisasi akan dilakukan akhir bulan ini.

Kabid Bina Manfaat, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Chofidon mengatakan, akhir bulan ini sampah akan dibersihkan. “Kami upayakan akhir bulan ini sampah di lokasi itu akan dibersihkan, sekaligus dengan normalisasinya,” katanya.

Kegiatan itu, menurutnya, akan dilakukan bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Disamping itu, juga melibatkan sejumlah relawan dari DLH dan BPBD Kabupaten Pasuruan. Termasuk warga sekitar ikut pula dilibatkan.

“Saat ini koordinasi terus kami lakukan, sekaligus kami matangkan. Harapannya, di lapangan terealisasi sesuai jadwal serta target,” ungkapnya.

Menurutnya, tumpukan sampah rawan menyumbat dam. Jika tersumbat, air akan meluap. Namun, normalisasi menurutnya bukan hanya tugas instansinya dan BBWS. Namun, menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Selama masyarakat tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, tentunya sungai bersih dan tidak banjir. Ini, PR bersama dan tidaklah mudah,” tegasnya. (zal/fun)