CJH di Kab Pasuruan Mulai Lunasi BPIH

BANGIL – Mulai Selasa (19/3) Kementerian Agama (Kemenag) mulai membuka pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) se-Indonesia. Kendati hari pertama, sudah ada lebih dari 50 CJH yang sudah melunasi BPIH di perbankan.

Untuk pelunasan tahap pertama dimulai dari 19 Maret sampai 15 April mendatang. Besaran BPIH yang dilunasi sebesar Rp 36.586.945, naik tipis dibandingkan tahun 2018 lalu sebesar Rp 36.091.845.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, petunjuk teknis jadwal pelunasan baru turun Senin malam lalu (18/3) dalam Keputusan Dirjen PHU Kemenag Nomor 17 tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan ONH Reguler. “Senin malam lalu turun, dan dalam penjadwalan pelunasan tahap 1 dimulai pada 19 maret ini, sehingga kami langsung informasikan ke KUA dan KBIH di Pasuruan,” terangnya.

Bagi CJH yang sudah melunasi diharapkan segera melaporkan ke Kemenag Kabupaten Pasuruan lantaran baru bisa dimasukkan data di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dan dipastikan berangkat tahun 2019 ini. Untuk CJH yang masuk tahap 1 pelunasan adalah sebanyak 1.586 CJH. Di tahap pertama ini adalah CJH yang dipastikan mendapatkan kursi tahun 2019 ini dan baru pertama kali haji. Untuk pelunasan sampai tanggal 15 April mendatang.

Kendati pelunasan hingga 1 bulan, Kemenag Kabupaten Pasuruan berharap CJH segera melunasi BPIH dan tidak mepet pada hari-hari terakhir. Ini agar jika ada error di sistem dan sebagainya tidak sampai merugikan CJH. “Jika sampai hari terakhir tidak segera dilunasi, maka dipastikan gugur dan CJH akan dianggap mengundurkan diri dan masuk kuota tahun selanjutnya,” terangnya.

Sedangkan untuk pelunasan tahap II nantinya akan dikhususkan untuk CJH Lansia, penggabungan keluarga dan CJH yang pernah berhaji. Jadwal pelunasan tahap kedua adalah 30 April sampai 10 Mei mendatang. (eka/fun)