Pemeliharaan Jalan di Kota Pasuruan Hanya Digelontor Rp 500 Juta

PANGGUNGREJO – Pemkot memastikan tetap mengalokasikan anggaran pemeliharaan untuk ruas jalan perkotaan. Sedikitnya, dana Rp 500 juta sudah disiapkan oleh Pemkot tahun ini. Anggaran ratusan juta ini hanya bersifat pemeliharaan rutin.

Anggaran sebesar setengah miliar rupiah itu nilainya tak berubah dari tahun lalu. Pemeliharaan jalan berupa perbaikan tingkat ringan, juga sudah mulai dilakukan.

Seperti yang terlihat Selasa (19/3). Sejumlah pekerja tampak melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Balaikota, Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo. Mereka melakukan pengaspalan pada titik jalan yang berlubang dan membahayakan.

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan, Akung Novajanto mengungkapkan pengerjaan di Jalan Balaikota itu masuk pemeliharaan rutin. Anggaran yang dialokasikan sama dengan tahun lalu melalui APBD 2019.

“Itu masuk pemeliharaan rutin. Kami tetap mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan jalan di Kota Pasuruan. Utamanya bagi akses utama masyarakat yang membutuhan perbaikan, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengendara,” ungkapnya.

Pemeliharaan jalan ini berdasarkan pantauan di lapangan. Jika ditemukan lubang, maka pihaknya akan menutupi lubang tersebut dengan aspal baru. Namun, jika ditemukan gelombang yang cukup tinggi di jalan, maka pihaknya hanya melakukan pemotongan pada aspal yang lebih tersebut.

“Petugas kami bakal terus melakukan mobile di lapangan. Jika memang ada ruas jalan yang membahayakan tentu langsung ditangani. Penanganan bergantung kondisi di lapangan dan dilakukan sampai akhir tahun,” pungkas Akung. (riz/fun)