Pemuda Banyuanyar Lor Ini Dibekuk usai Bobol Toko

GENDING – Solihin, 24, warga Banyuanyar Lor, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo terpaksa harus merasakan pengabnya jeruji tahanan. Itu setelah dirinya ketahuan membobol toko di Dusun Pasar 2, Desa Pajurangan, Kecamatan Gending Senin (18/3) lalu.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, penangkapan pelaku dilakukan sekitar pukul 23.00. Selang beberapa jam usai Solihin beraksi membobol toko milik Erna Larasiska, warga Pajurangan. Toko milik korban dibobol dua kali dalam satu malam.

AKP Ohim, Kapolsek Gending mengatakan, pelaku melakukan aksinya seorang diri. Pelaku masuk ke dalam toko dengan membuka pintu belakang toko. Aksi pertamanya, pelaku mengambil Play Station. Setelah membobol, Solihin sudah merencanakan untuk menjual kepada rekannya.

“Sudah terencana sebetulnya. Jadi, aksi pertama itu hanya mengambil PS. Itu sekitar jam delapan malam,” ujar Ohim menerangkan.

Setelah menjual Play Station, Solihin berhasil mendapatkan uang. “Tapi bukannya menyudahi, pelaku masuk kembali ke dalam toko dan mengambil barang yang lain. Pelaku masuk melalui jalan yang sama. Dalam aksi yang keduanya, pelaku menggasak barang barang seperti rokok, makanan ringan dan lainnya. Barang-barang itu dimasukkan ke dalam karung,” beber kapolsek.

Selanjutnya, pelaku keluar dari toko. Nah, saat hendak keluar itulah pelaku bertemu dua orang. Lantaran gugup, Solihin kemudian menyembunyikan karung yang berisi barang curian, di tepi sungai. “Tokonya dekat dengan sungai. Pelaku ngakunya saat itu hendak menambal ban,” jelasnya.

Pemilik toko sendiri baru tahu saat membuka tempat usahanya. Alangkah kagetnya pemilik toko karena barang dagangannya raib. Sehingga kemudian dia melapor ke polisi. “Setelah dicari bersama petugas, ternyata pelakunya adalah Solihin. Yang sebelumnya mengaku hendak menambal ban. Jadi kami langsung menangkap malam itu juga,” terangnya.

Selain pelaku, petugas juga berhasil mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya puluhan bungkus rokok berbagai merk, makanan ringan, 1 buah pisau dapur, 1 obeng, dan lain sebagainya. Barang bukti itu dibawa ke polsek untuk kepentingan penyidikan. (sid/fun)