Ratusan CPNS di Pemkot Pasuruan Bertugas Awal April, Digaji 80 Persen

PANGGUNGREJO – Ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Pasuruan yang dinyatakan lulus dalam seleksi CPNS 2018 bakal mulai bertugas. Rencananya mereka bakal mulai mengabdi di lingkungan Pemkot Pasuruan awal April mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan, Muhammad Fakih mengungkapkan pihaknya sudah melakukan proses pemberkasan pada Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Ini meliputi kelengkapan data ratusan pendaftar yang lulus.

Di antaranya klarifikasi biodata dan ijazah dengan memasukkannya ke dalam sistem administrasi pelayanan kepegawaian (SAPK). Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sendiri sudah melakukan pengecekan dan kelengkapan administrasi beberapa waktu lalu.

“Sejak 1 Maret lalu nomor induk pegawai (NIP) bagi 238 CPNS yang lulus sudah turun dari pusat. Rencananya, mulai 1 April ini, mereka sudah mulai melaksanakan tugas sebagai CPNS,” ungkapnya.

Fakih menjelaskan kendati berstatus sebagai CPNS, namun kewajiban mereka tidak berbeda dengan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pasuruan. Mereka tetap mengikuti jam kerja seperti ASN pada umumnya.

Karena masih CPNS, maka mereka hanya memperoleh 80 persen dari gaji pokok selama enam bulan pertama. Usai bekerja selama enam bulan, maka mereka akan mendapatkan gaji normal. Namun, untuk tunjangan seperti tunjangan keluarga maupun makan didapatkan secara normal.

“SK CPNS bakal diterima oleh 238 CPNS ini mulai awal April. Setelah satu tahun bekerja, maka ratusan CPNS ini otomotis diangkat sebagai PNS Pemkot Pasuruan,” pungkas Fakih. (riz/fun)