Realisasi Pajak Hiburan Capai 100,08 Persen dari Target, Nilainya Segini

SEKTOR SWASTA: Suasana di TSI II Prigen saat ramai pengunjung. Tempat seperti TSI juga memberi pemasukan untuk pajak bagi Kabupaten Pasuruan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Sampai tutup tahun 2018, realisasi penerimaan pajak hiburan atau tempat wisata yang dikelola swasta mencapai Rp 12,505 miliar. Jumlah ini tercapai tipis dari target yang ditentukan sebesar Rp 12,5 miliar atau terealisasi 100,08 persen dari target.

Mokhammad Syafi’i, kabid Pendataan, Penetapan, dan Pelaporan Pendapatan di Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, realisasi penerimaan pajak hiburan di Kabupaten Pasuruan memang cukup bagus. Kendati mepet dari target yang ditentukan. Namun, sampai tutup tahun berhasil tercapai.

“Termasuk pada tahun 2018, pada perubahan APBD untuk pajak hiburan ini tidak ada penambahan target. Karena melihat realisasi yang diterima cukup ketat dengan target yang ditentukan,” terangnya.

Menurutnya, banyak wisata Kabupaten Pasuruan memiliki lokasi yang strategi dan berada di jalur Surabaya-Malang. Termasuk dimudahkan dengan adanya jalur tol.

Namun, di tempat lain pilihan-pilihan tempat wisata juga makin beragam. Seperti di Batu, Lamongan, Malang, sampai Mojokerto. Hal inilah yang membuat pengunjung tempat hiburan makin banyak pilihan.

Hasil tahun 2018 dikatakan masih tetap bagus. Mengingat pada tahun 2017 target realisasi pajak hiburan bahkan tak tercapai. Tahun 2017 dari target Rp 12,6 miliar hanya tercapai Rp 11,7 miliar atau 92,4 persen dari target.

Namun, untuk tahun 2018, perolehan retribusi dari Pajak Hiburan masih tergolong bagus. Diduga pajak ini cukup banyak terkerek dengan adanya liburan akhir pekan, long weekend, dan juga liburan Lebaran dan liburan sekolah tengah tahun kemarin.

Ada beberapa tempat wisata yang cukup tinggi dikunjungi. Yaitu, Taman Safari Indonesia 2, Bakti Alam, Saygon Waterpark, dan sebagainya.

Dengan tercapainya realisasi pajak hiburan ini berarti bahwa tempat wisata di Kabupaten Pasuruan masih banyak menjadi pilihan wisata. Baik warga Pasuruan sendiri, termasuk warga luar kota.

Pemkab Pasuruan pun rutin ikut mempromosikan tempat wisata di Kabupaten Pasuruan. Ini, sebagai promosi agar lebih banyak yang datang berlibur ke Pasuruan. (eka/fun)