Bromo Batuk, BPBD Probolinggo Siapkan 135 Ribu Masker

SUKAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo telah menyiapkan 135 ribu masker. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi erupsi Bromo. Rabu (20/3), BPBD membagikan 12 ribu masker ke sejumlah desa terdampak abu vulkanik.

“Tadi (Rabu, 20/3), ada laporan sejumlah desa terdampak abu vulkanik Gunung Bromo. Kami pun langsung bagikan masker. Masker itu bisa dipakai saat dibutuhkan atau sebagai kesiapsiagaan saat terjadi Gunung Bromo erupsi,” terang Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Anggit menegaskan, stok 135 ribu masker itu dirasa masih cukup untuk antisipasi erupsi Bromo. “Jika ketersediaan dirasa kurang, sebelum habis kami langsung akan minta ke Provinsi (BPBD). Sudah ada koordinasi, provinsi siap berikan masker jika dibutuhkan,” ungkapnya.

Camat Sumber Saniwar saat dikonfirmasi mengatakan, sebanyak 12 ribu masker dari BPBD langsung dibagikan ke warga di desa terdampak. Terutama warga yang beraktivitas di pertanian dan para siswa yang sekolah.

Dengan begitu, masker yang dibagikan itu paling tidak bisa mencegah dan mengantisipasi terjadinya gangguan saluran pernapasan akibat abu vulkanik.

“Kami akan koordinasi terus dengan BPBD terkait kesiapsiagaan erupsi Gunung Bromo. Karena wilayah Sumber, daerah terdekat dengan Gunung Bromo,” terangnya. (mas/mie)