Disnaker Sebut Tingkat Pengangguran di Kota Pasuruan Menurun

PURWOREJO – Dinas Tenaga Kerja Kota Pasuruan mengklaim tingkat pengangguran di kotanya terus menurun. Saat ini, tingkat pengangguran disebutkan berada di bawah rata-rata nasional. Pemkot pun terus berupaya mengurangi jumlah pengangguran saban tahun.

Dari data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, tingkat pengangguran di Kota Pasuruan mengalami penurunan tiga tahun terakhir. Tingkat pengangguran pada 2016 mencapai 6,05 persen dan mengalami penurunan pada 2017 sebesar 5,34 persen. Angka ini kembali menurun pada 2018 lalu menjadi 5,30 persen.

Sedangkan jumlah penduduk di Kota Pasuruan pada Januari 2019 terdata 209.968 jiwa. Sehingga, jika merujuk pada angka ini, jumlah pengangguran di Kota Pasuruan terhitung kurang lebih 11 ribu jiwa.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan, Mahbub Effendi membenarkan jika tingkat pengangguran di Kota Pasuruan terus menurun. Kondisi ini tidak terlepas dari pelatihan dan job fair atau bursa kerja yang rutin dilakukan pemkot saban tahun.

“Kami mengadakan pelatihan dan job fair untuk menyerap tenaga kerja di Kota Pasuruan. Sehingga, pengangguran dapat terus berkurang,” ungkapnya.

Mahbub menjelaskan Disnaker kembali mengadakan pelatihan kerja yang menyasar masyarakat Kota Pasuruan tahun ini. Disebutkan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk 14 macam pelatihan berbeda. (riz/fun)