207 Proyek Siap Dilelang di Kab Probolinggo, Ini Diantaranya

KRAKSAAN – Sedikitnya ada 207 proyek yang akan dilelang Pemkab Probolinggo tahun ini. Dari 207 proyek itu, sembilan di antaranya sudah masuk proses lelang.

Dari sembilan yang telah proses lelang itu, salah satunya berupa jasa konsultan senilai Rp 800 juta dan jasa konstruksi senilai Rp 32 miliar di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR). Serta, pengadaan buku dengan nilai Rp 213 juta di Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip).

Kemudian, juga ada proyek perencanaan pembangunan senilai Rp 281 juta di Dinas Permukiman (Perkim). Pengadaan jasa cleaning service senilai Rp 350 juta di Humas dan Protokoler. Proyek pengadaan pompa senilai Rp 316 juta dan ultrasonik Rp 236 juta di PDAM. Terakhir, dua pengadaan konsultan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kapala Layanan Pengadaan dan Jasa Kabupaten Probolinggo Mariono mengatakan, pengadaan yang dilelang itu merupakan proyek yang nilai anggarannya di atas Rp 200 juta. Tahun ini proyek yang nilai anggarannya di atas Rp 200 juta ada sekitar 207. “Itu semua yang akan dilelang untuk tahun ini. Yang telah proses jumlahnya sembilan,” ujarnya.

Menurutnya, sekitar 198 itu belum dilakukan proses tender. Sebab, masih ada tahapan lain yang harus dilakukan. Berupa penyetoran berkas atau lainnya kepada Pokja. “Nanti jika semuanya selesai, pasti akan dilakukan tender, tapi dari semua itu sudah siap untuk dilelang,” jelasnya.

Mariono mengatakan, untuk proyek yang nilainya Rp 100 juta juga ada yang dilakukan seleksi. Yaitu, pengadaan jasa konsultan perencanaan. “Kalau konsultan perencanaan bahasanya, dilakukan seleksi. Kalau proyek, baru tender,” ujarnya. (sid/fun)