Ada 167.608 Pemilih di Kota Probolinggo usai DPTb2

 PROBOLINGGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo memastikan bahwa proses pindah pilih selesai sampai 18 Maret 2019. Pemilih asal luar yang akan memilih di Kota Probolinggo maupun sebaliknya, dipastikan tidak bisa lagi melakukan pengurusan pindah pilih.

Hal ini diugkapkan Djoko Wahyudi, komisoner Divisi Data KPU Kota Probolinggo Rabu (20/3). “Paling akhir tanggal 18 Maret untuk proses pindah pilih tahap 2. Setelah 18 Maret itu tidak bisa lagi karena peraturannya sudah menentukan seperti itu,” ujarnya.

Djoko menyebut bahwa dalam UU Pemilu dan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 sudah diatur bahwa batas akhir proses pindah pilih sampai 18 Maret 2018.

“Bagi warga Kota Probolinggo yang ada di luar kota saat pemilu dan belum mengurus Formulir A5 (pindah pilih), kesempatan untuk ikut pemilu bisa yaitu dengan pulang ke Kota Probolinggo. Begitu juga warga luar kota yang ada di Kota Probolinggo, juga seperti itu. Bisa ikut pemilu dengan kembali ke daerah asal,” ujarnya.

Djoko menambahkan, bahwa setelah batas akhir, ada beberapa orang yang melakukan proses pindah pilih. Namun, ditolak oleh KPU karena sudah melewati batas waktu proses pindah pilih.

“Ada batas waktu proses pindah pilih ini untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan logistik. Dibatasi 1 bulan sebelum pemilu agar jika ada kekurangan logistik masih bisa mengajukan ke KPU RI,” jelasnya.

Namun, ada pengecualiaan bagi warga Kota Probolinggo yang sakit saat pelaksanaan pemilu dan berada di rumah sakit masih bisa mengurus Formulir A5.

“Untuk yang sakit dan dirawat di rumah sakit masih bisa mengurus Formulir A5 di PPS masing-masing,” jelasnya.

Sampai batas waktu proses pindah pilih, total ada 402 warga yang masuk untuk mengikuti pemilu di Kota Probolinggo. Selain itu, ada 628 warga Kota Probolinggo yang mengurus pindah pilih untuk melakukan pemilihan di luar Kota Probolinggo. Sehingga, total jumlah pemilih Kota Probolinggo mencapai 167.608. (put/fun)