Dukung Smart City, Perbanyak CCTV di Kota Pasuruan

GADINGREJO – Rencana Pemkot Pasuruan menjadikan Kota Pasuruan sebagai smart city, terus dimatangkan. Rencananya, Pemkot akan menggandeng salah satu perguruan tinggi di Kota Surabaya untuk melakukan tahap awal berupa penyusunan masterplan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pasuruan Fendy Krisdiono mengungkapkan, Pemkot berencana memasang sejumlah closed circuit television (CCTV) untuk mendukung smart city. CCTV ini akan dipasang di sejumlah titik perkotaan.

Namun, titik mana saja yang akan dipasang CCTV, termasuk jumlah CCTV yang akan dipasang masih menunggu masterplan. Kini, Pemkot masih menyusun dokumen pengadaan penyusunan masterplan smart city ini. “Kami akan memasang CCTV untuk mendukung konsep smart city di Kota Pasuruan. Cuma lokasinya dan berapa titik masih menunggu masterplannya dulu,” ujar Fendy.

Ia menyebut, dari masterplan ini, pihaknya akan menentukan titik pemasangan dan kebutuhan spek teknologi di setiap titiknya. Sehingga, dimungkinkan teknologi untuk CCTV di setiap titiknya berbeda ataupun sama.

Pengadaannya sendiri tidak hanya dari Diskominfo. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Pasuruan, boleh melakukan pengadaan CCTV. Namun, mereka harus mengantongi rekomendasi dari Diskominfo agar bisa diintegrasikan.

“Tahun ini kami akan mengintegrasikan semua CCTV yang sudah dimiliki Pemkot. Dari sini bisa diketahui CCTV mana saja yang memenuhi atau tidak untuk smart city,” ujar Fendy. (riz/fun)