Hias TPS Jadi Taman, Kampanye Tak Buang Sampah Sembarangan

KEDOPOK–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo hias Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menjadi taman. Upaya itu dilakukan untuk menghilangkan kesan kumuh dan kotor yang melekat di tempat ini.

Selain mengubah penampilan TPS, menghias TPS juga bagian ari kampanye untuk mengajak masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan. Kesan kumuh membuat orang enggan mendatangi TPS. Padahal, jarak pembuangan sampah dengan TPS tinggal beberapa meter saja.

Seperti yang terjadi di TPS Kedopok. Sebelumnya, banyak sampah yang berserakan di sebelah barat TPS. Banyak warga yang membuang sampahnya bukan pada TPS. Melainkan disisi barat TPS yang jaraknya hanya beberapa meter saja. Oleh karenanya, DLH menghias TPS menjadi taman.

“Hal ini dilakukan untuk mengubah wajah TPS yang dicap kotor dan kumuh. Kami hias TPS dengan tatanan taman,” terang Kepala DLH Kota Probolinggo Budi Krisyanto.

Rupanya, hal ini membuat wajah TPS Kedopok berubah drastis. Kini, TPS yang pernah disidak oleh Wali Kota tersebut berubah menjadi taman cantik.

Budi menambahkan, membangun taman di sekitar TPS merupakah salah satu upaya mengurangi perilaku masyarakat yang sering membuang sampah tidak pada tempatnya. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Perikanan menyebutkan, ke depan beberapa TPS lain juga akan dilakukan hal yang sama.

“Untuk di TPS Kedopok ini tidak ada dananya, sehingga kami manfaatkan taman milik DLH. Ke depan rencananya kami anggarkan,” ujarnya.

Menurut Budi, upaya menghias TPS menjadi taman adalah salah satu upaya kecil pemerintah agar tidak ada yang membuang sampah sembarangan. “Yang terpenting sebetulnya cara mengubah pola pikir manuasianya agar tidak membuang sampah sembarangan,” beber Budi. (rpd/fun)