Pemkot: Robohnya Gapura PJB Murni karena Angin Kencang

PASURUAN-Pemkot Pasuruan memastikan penyebab utama masalah robohnya gapura event Pasoeroean Djaman Bijen (PJB) murni karena bencana. Yakni dikarenakan embusan angin kencang dari arah utara. Lihat videonya disini.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Pasuruan Hardi Utoyo. Ia mengungkapkan bahwa Pemkot sudah mengecek keseluruhan stan termasuk gapura sebelum PJB berlangsung.

“Kondisi ini (gapura ambruk hingga menimpa warga) diluar dugaan kami karena ini dikarenakan angin. Tidak ada yang kami salahkan. Tapi, kami memastikan semuanya sudah kami cek. Jam 9 sampai jam 10 pagi, Pak Sekda (Bahrul Ulum) sudah mengecek, semuanya dalam kondisi siap,” ujar pria yang akrab disapa Dhe Hardi itu.

Saat ditanya alasan tiang gapura tidak dibuat ditanam Hardi mengatakan, hal itu dilakukan karena gapura itu bukan bangunan permanen. “Jadi kalau masalah tiang kenapa tidak kami tancapkan ke tanah, karena itu bukan bangunan permanen,” terang Hardi.

Hardi menambahkan, tidak hanya gapura yang mengalami kerusakan. Tapi ada dua stan milik kelurahan juga mengalami kerusakan akibat diterjang angin. (lel/mie)