Rp 3,489 M untuk 150 PJU Baru di Kota Pasuruan

GADINGREJO- Pemkot Pasuruan terus berusaha membuat kotanya lebih terang. Tahun ini, Pemkot mengalokasikan anggaran Rp 3,489 miliar. Dana dari APBD 2019 itu akan digunakan untuk pengadaan 150 lampu penerangan jalan umum (PJU).

Ratusan PJU itu akan dipasang di enam jalan. Di antaranya, 15 unit di Jalan Cakraningrat di Kelurahan/Kecamatan Bugulkidul; 36 unit di jalan tembus Petahunan- Jalan Raya Karangketug; dan 18 unit di jalan batas kota depan SMPN 6.

Selanjutnya, 20 unit di Jalan Diponegoro; 24 unit di Jalan RW Monginsidi; 37 unit di Jalan Jalakrejo I atau sepanjang belakang rumah pemotongan hewan (RPH)-depan RPH-belakang tempat pembuangan akhir (TPA) Blandongan.

Kepala UPT PJU Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan Ari Widodo mengatakan, ratusan PJU baru itu akan dibangun dengan anggaran Rp 3,489 miliar. Ratusan PJU ini akan dibangun sampai akhir tahun ini. “Ratusan PJU ini menjadi satu paket pengerjaan. Karena anggarannya berada di atas Rp 200 juta, kami akan melakukan tahap lelang dulu. Saat ini kami sedang melakukan tahap perencanaannya,” ujarnya.

Ari menjelaskan, pembangunan PJU baru tahun ini diprioritaskan di jalan utama perkotaan, seperti Jalan RW Monginsidi atau Jalan Diponegoro. Sebab, di ruas jalan ini arus lalu lintas cukup padat, termasuk ketika malam.

“Sementara untuk ruas jalan depan SMPN 6, sepanjang depan kantor Dinkes Kota Pasuruan, jalan Jalakrejo I, maupun jalan tembus Petahunan-Jalan Raya Karangketug, masih gelap. Makanya kami juga prioritaskan pembangunan PJU baru di sana,” ujarnya. (riz/rud)