Tahun Ini Tambah PJU di Tiga Kecamatan, Anggarannya Disiapkan Segini

KRAKSAAN- Jumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalan Kabupaten Probolinggo, terus ditambah. Tahun ini Dinas Pehubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo mengalokasikan anggaran Rp 750 juta. Dana itu akan digunakan untuk memasang 45 lampu PJU.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, pengadaan PJU itu dilakukan untuk menambah penerangan di jalan yang masih gelap. Sebab, jika tetap dibiarkan gelap, bisa membahayakan masyarakat. “Makanya tahun ini kami anggarkan dana besar untuk itu,” ujarnya.

Heri menjelaskan, anggaran ratusan juta itu akan digunakan untuk pengadaan PJU di 45 titik. Usalan titik pemasangan itu sesuai hasil Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrembang) 2018. “Pembangunannya tidak sama. Ada yang 10 unit dan ada yang 15 unit,” ujarnya.

Sejumlah 45 lampu PJU itu, 25 unit akan dipasang di Kecamatan Kraksaan. Salah satunya di Desa Kandangjati Kulon. Serta, masing-masing 10 unit di Kecamatan Pakuniran dan Kecamatan Paiton. “Semoga bisa segera terealisasi dan menambah penerangan di daerah,” harap Heri.

Sejauh ini proyek ini masih proses lelang. Diperkirakan kegiatan ini baru bisa dilaksanakan pada semester ke dua. Heri mengatakan, pemasangan PJU ini diharapkan dapat meminimalisasi kerawanan di jalan yang selama ini masih gelap. Baik itu rawan tindak kriminal maupun kecelakaan lalu lintas.

“Dengan adanya PJU yang akan dipasang itu, kami harap masyarakat Probolinggo lebih nyaman ketika berkendara di malam hari. Kami berusaha memberikan kenyamanan kepada masyarakat untuk berkendara di malam hari. Dengan adanya PJU nanti mereka lebih tenang,” ujarnya. (sid/fun)