As Roda Patah, Truk Oleng Ditabrak Ambulans di Raci Bangil

BANGIL – Arus lalu lintas di jalur Bangil-Pasuruan, Sabtu siang sempat terganggu. Itu setelah terjadi kecelakaan yang melibatkan truk muat pasir dan ambulans di jalan raya Pandelegan, Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 12.30. Kecelakaan itu bermula saat truk muat pasir bernopol M 8259 UN yang disopiri Misru, 53 warga Selomukti, Mlandingan Situbondo melaju dari arah barat di sisi kiri.

Saat sampai di lokasi kejadian, as roda ban sisi kanan belakang truk alami patah. Walhasil, truk pun langsung oleng ke arah kanan. Apesnya, saat itu juga melaju ambulans Puskesmas Bangil tanpa penumpang bernopol N 8188 TP yang dikendarai oleh Kabul Sulaiman, 48 warga Desa/Kecamatan Rembang dari arah yang sama.

Saat ambulans itu hendak menyalip truk, posisi truk tiba-tiba miring ke kanan. Akibatnya ambulanspun menabrak badan truk yang miring itu. Untungnya dalam kecelakaan itu, sopir kedua kendaraan tidak ada yang terluka.

Namun karena kecelakaan itu memakan semua lajur ke arah Barat, sehingga kepolisian melakukan contraflow di sisi utara jalan. Kemacetan pun tak bisa dihindari dari kedua arah kurang lebih total kemacetan mencapai 4 kilometer.

Misru pengemudi truk mengatakan, sempat kaget saat tahu ban belakangnya patah. “Pas (as roda) patah, truk saya langsung miring. Jadi, ambulans yang hendak nyalip menabrak bagian belakang truk saya,” terangnya.

Usai terjadi tabrakan, warga lantas berdatangan untuk melakukan pertolongan. Beruntung, sopir truk maupun ambulans tak ada yang terluka.

Aiptu Abdillah, Kaposlantas PIER mengatakan, kecelakaan ini terjadi lantaran truk muatan pasir, ban sebelah kanan belakang patah dan lepas.

Abdillah menjelaskan, kecelakaan itu terjadi karena sopir truk tak memeriksa kendaraannya sebelum berangkat. “Karena kedua kendaraan sama-sama tidak bisa berjalan, kami panggilan (truk) derek dan diamankan ke Poslantas PIER. Sementara untuk lalu lintas, dua arah, kami lakukan contraflow di sisi sebelah utara sampai kedua kendaraan yang terlibat laka sudah diamankan,” jelasnya. (eka/mie)