Bakal Bangun Stadion di Wilayah Timur Kabupaten Pasuruan, Ini Lokasinya

PURWOREJO – Rencana Pemkab Pasuruan untuk memeratakan pembangunan ke wilayah Timur Pasuruan terus dilakukan. Salah satunya dengan membangun stadion olahraga. Diperkirakan, rencana itu akan dimatangkan pada 2021.

Agus Sutiadji, sekda Kabupaten Pasuruan mengatakan, Pemkab Pasuruan memang berencana membangun stadion di wilayah timur. Namun, sampai saat ini sumber pendanaannya belum bisa dipastikan.

“Pemkab Pasuruan memang pernah mengusulkan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membangun stadion di wilayah timur Kabupaten Pasuruan. Namun, memang belum ada kepastian,” terangnya.

Sebab, dana untuk membangun stadion cukup besar. Karena itu butuh pendanaan dari pusat untuk merealisasikannya.

Kabupaten Pasuruan sendiri, saat ini baru memiliki stadion olahraga di Kelurahan Pogar, Bangil. Karena itu, dirasa perlu menambah stadion. Sebab, wilayah Kabupaten Pasuruan yang cukup luas.

“Rencananya, stadion nantinya akan dibangun di Grati. Sebab, Grati ini posisinya di tengah wilayah Timur. Baik dari Rejoso, Nguling, Lekok, sampai Lumbang, mudah menjangkau Grati,” terangnya.

Nantinya, stadion di timur ini diharapkan ikut mendorong kegiatan olahraga bagi masyarakat Pasuruan di wilayah timur. Harapannya, stadion olahraga di Grati juga lengkap fasilitasnya. Ada lapangan sepak bola, tempat duduk penonton, termasuk jalur atletik.

Mujib Imron, Wakil Bupati Pasuruan membenarkan bahwa Pemkab Pasuruan berencana membangun stadion olahraga di wilayah timur. Namun, rencana tersebut belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

“Karena butuh dana dan perencanaan yang matang. Saat ini masih belum menjadi prioritas. Target kami mungkin 2021 nanti stadion olahraga di timur akan mulai digodok secara matang,” pungkasnya. (eka/hn/mie)