Kreatifnya BUMDes dan Pemuda Sumberejo Kelola Wisata Kolam Renang dan River Tubing

Pertanian dan perkebunan menjadi sektor paling penting di Desa Sumberejo di Kecamatan Purwosari. Seiring berjalannya waktu, desa ini mulai mengembangkan potensi wisata.

———–

Daya tarik dari Desa Sumberrejo adalah tanaman duriannya. Ketika musim, banyak orang luar desa dan juga luar daerah, yang datang. Sumberejo memang dikenal penghasil durian terbesar di Kecamatan Purwosari, terutama dengan nama durian kucurnya.

Setahun terakhir, warga dari luar desa dan bahkan luar daerah kini tak hanya datang beli durian. Tapi juga datang untuk berwisata. Karena di Desa Sumberejo sudah ada potensi wisata, yang dirintis Pemdes setempat bersama warga.

Diantaranya kolam renang atau pemandian Sumber Kemado, di Dusun Kucur. Selain itu juga terdapat river tubing, yang memanfaatkan arus sungai Jempinang di Dusun Manggihan.

“Sudah saatnya kami garap potensi lain di desa ini. Setelah melalui proses lama dan tercetuslah garap potensi desa wisata. Alhamdulillah meskipun masih merintis, perkembangannya bagus,” ungkap Kades Sumberejo, Digsono.

Untuk pemandian Sumber Kemadon, memanfaatkan lahan tanah kas desa (TKD). Sementara river tubing di Dusun Jempinang, kata Digsono, dirintis mulai pertengahan tahun lalu.

Pemdes tidak sendirian untuk mengelola wisata. Namun melibatkan BUMDEs serta pemuda di masing-masing dusun terdapat lokasi wisata tersebut. Agar pengelolaan sekaligus pemanfaatannya maksimal.

Sejauh ini hasil yang didapat selain untuk operasional pengelolaan, sebagian perputaran uang ,enjadi pendapatan asli desa (PADes). Menariknya, semua yangterlibat dalam pengelolaan termasuk warga, kompak bareng-bareng saling menguatkan untuk promosi.

Maka tak heran pengunjungnya selalu ada di tiap harinya, dan paling ramai saat liburan atau weekend. Baik berasal dari sekitaran Purwosari dan Pasuruan. Juga ada dari Malang, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Mojokerto dan sebagaianya.

“Paling tidak, warga kami dan desa sekitar tak perlu jauh-jauh berwisata. Tentunya tetap optimis lebih ramai ke depannya, didukung akses jalan memadai, suhu yang sejuk dan berada di lereng gunung Arjuno,” tukasnya. (zal/fun)