Pemkab Probolinggo Kembali Mutasi Pegawai, Kali Ini Jumlahnya Ratusan

PAITON – Pemerintah Kabupaten Probolinggo kembali melakukan mutasi jabatan pejabat di lingkungannya. Mutasi yang dilakukan Jumat (22/3) itu merupakan ketiga kalinya setelah Bupati dan wakil bupati dilantik. Sebanyak 151 orang dimutasi ke posisi baru, dan mereka terdiri dari pejabat eselon III, IV dan fungsional.

Mutasi dan pelantikan serta pengambilan sumpah dipimpin Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. Seperti pada pelantikan pelantikan sebelumnya, pemkab memilih tempat terbuka. Kali ini, yang dipilih yaitu objek wisata sejarah situs Candi Jabung Desa Jabung, Kecamatan Paiton.

Pejabat struktural yang di mutasi terdiri dari 13 orang pejabat eselon III, 36 orang pejabat eselon IV. Serta pengukuhan pejabat fungsional terdiri dari 92 orang kepala sekolah. Serta juga 10 orang pengawas sekolah.

Tantri sapaan akrab bupati dalam sambutannya mengatakan, mutasi jabatan merupakan sesuatu yang biasa terjadi. Hal itu akan selalu terjadi dalam setiap organisasi, khususnya di lingkungan Pemerintah Daerah.

“Hal ini dilakukan dalam rangka menjalankan visi dan misi organisasi. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas kepada masyarakat,” katanya.

Dengan adanya perpindahan antar bidang dan unit kerja, diharapkan dengan suasana kerja baru para ASN tersebut mampu menempa dan menyerap ilmu yang berbeda dengan unit kerja sebelumnya. Sehingga mampu menjadi ASN yang berkualitas.

Lebih lanjut, kepada para pengawas dan kepala sekolah, Tantri berpesan bahwa investasi pembangunan pendidikan menjadi fondasi dari seluruh pembangunan yang ada. Itu, sesuai dengan visi misi utama dalam pemerintahan yang dipimpinnya. karena itu kepala sekolah sebagai manajer sebuah lembaga pendidikan dituntut untuk bekerja lebih profesional dan optimal.

“Kepala sekolah dan pengawas mempunyai amanah sebagai orang tua.Adanya pengawas juga sangat diharapkan menjadi mitra bagi kepala sekolah dan seluruh guru. Sehingga proses kegiatan belajar mengajar dan manajerial sebuah lembaga sekolah, ini mampu berjalan dengan proporsional dan profesional,” terangnya.

Pengambilan sumpah dan jabatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Soeparwiyono; Kepala Inspektorat Sigit Sumarsono; para Staf Ahli; Asisten; Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD); Camat; serta Ketua Tim Penggerak PKK Nunung Timbul Prihanjoko dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Sudjilawati Soeparwiyono. (sid/fun)