Raih Penghargaan dari Perpusnas, Program Literasi Ini Diprioritaskan dapat DAK

KRAKSAAN – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kabupaten Probolinggo mendapatkan prioritas penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional. Ini lantaran Dispersip mampu membuat terobosan program Dolanan (Dongeng Keliling Anak-anak) .

Hal itu disampaikan Hestiyawan, salah seorang Pustakawan Dispersip setempat. Menurutnya, program Dolanan Dispersip diikutkan lomba nasional dan berhasil meraih 10 besar se-Indonesia. Sehingga Perpusnas mengganjar program ini dengan reward.

Program Dolanan sudah mulai berjalan sejak akhir bulan Januari lalu. Program tersebut dilakukan berpindah-pindah dan mengajak relawan literasi. Sehingga, bisa menyentuh semua elemen masyarakat. “Program ini masih dua bulalan. Tetapi, sudah bisa meraih penghargaan tingkat nasional. Kami sangat bersyukur,” ungkapnya.

Menurutnya, program itu berisi kegiatan santai. Yaitu, menggambar, mendongeng, parenting, mengenal binatang dan juga sains anak. Ini merupakan program yang dikhususkan untuk membuat anak anak tertarik dalam dunia literasi.

“Kami mengajak anak anak agar bisa mencintai literasi. Dimulai dari yang mudah yaitu menggambar, menulis dan lainnya,” ungkapnya.

Dalam lomba yang digelar di Jakarta itu, di ikuti oleh seratusan peserta dari seluruh indonesia. Namun, meskipun banyak pesertanya pihaknya berhasil maju dan menyingkirkan peserta lainnya. “Sepuluh daerah terbaik selain Kabupaten Probolinggo adalah Kota Sukabumi, Kabupaten Banjar, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Lombok Timur, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Bandung Barat, Kota Makasar, Kabupaten Landak dan Kabupaten Kapuas,” ungkapnya.

Pihaknya sendiri akan terus menciptakan inovasi dalam meningkatkan minat baca di daerahnya. Sebab, menurutnya dengan literasi maka semakin meningkatkan pengetahuan. “Tentunya akan terus berinovasi. Sehingga, minat baca terutama baca buku akan semakin meningkat,” jelasnya. (sid/fun)