7.500 Linmas Bantu Pengamanan Pemilu, Ini Tugas Mereka

KRAKSAAN – Selain aparat TNI-Polri, sebanyak 7.500 personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kabupaten Probolinggo akan diperbantukan untuk pengamanan pemilu mendatang. Mereka akan disebar disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh daerah.

Nantinya, Linmas Linmas yang diperbantukan tersebut akan diberikan pembekalan. Diantaranya mengenai proses pengamanan di TPS. Sebab, hal itu menjadi penting guna proses keamanan dan kelancaran pesta demokrasi pada 17 april mendatang.

“Namun mereka telah siap semua. Mereka ini sudah pernah ditugaskan dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Seperti halnya pada tahun lalu mereka juga turut mengamankan pilkada serentak,” ungkap Hal itu diungkapkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat Dwi Joko Nurjayadi.

Menurut pria yang akrab disapa Joko itu, ribuan linmas itu akan disebar di setiap TPS hingga ke pelosok desa. Setiap TPS akan dijaga oleh dua Linmas. Itu merupakan kebutuhan ideal yang dibutuhkan disetiap TPS.

“Idealnya memang dua setiap TPS. Itu kan nanti juga ada dari pihak kepolisian yang juga turut menjaga. Jadi, Linmas dengan pihak keamanan lain juga yang menjaga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Linmas dalam menjaga keamanan adalah sebuah hal yang penting. Pasalnya, mereka ini adalah bagian dari masyarakat itu sendiri. Sehingga, untuk meredam konflik mereka bisa diandalkan.

“Tak bisa dianggap remeh. Apalagi pembekalan yang nantinya kami berikan juga lebih memperjelas tupoksi mereka dan juga keahlian dalam menjaga keamanan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Satpol PP setempat juga telah mengadakan simulasi pemadaman kebakaran. Simulasi itu, juga dilakukan guna kepentingan kesiap siagaan dalam pemilu nanti. Sehingga, ketika ada konflik yang terjadi dan menyebabkan terjadinya api pihaknya langsung siap. (sid/fun)