Siapkan Rp 650 Juta untuk Gardu Pandang di Ranu Grati

TERUS DILENGKAPI: Sejumlah wisatawan berada di Ranu Grati, Kabupaten Pasuruan. Tahun ini, Pemkab Pasuruan berencana melengkapi destinasi wisata ini dengan gardu pandang baru. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GRATI – Fasilitas wisata di Ranu Grati, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, terus diperbaiki. Tahun ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan berencana membangun fasilitas baru berupa gardu pandang. Wahana wisata anyar ini dialokasikan Rp 650 juta.

Kepala Disparbud Kabupaten Pasuruan Agung Maryono mengatakan, rencana pembangunan gandu pandang itu sesuai dengan target pemerintah pusat untuk meningkatkan wisata di sekitar 10 destinasi unggulan. Sedangkan, Ranu Grati menjadi salah satu tempat wisata yang tahun ini mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari dana penugasan.

Agung mengatakan, tahun ini akan ada pembangunan gardu pandang dan papan informasi dan gapura. Gardu pandang ini akan ditempatkan di sisi danau yang menempel ke daratan. Keberadannya juga bisa menjadi tempat tambatan perahu, tempat untuk turun konsumen, dan sebagai tempat swafoto.

Gardu pandang ini akan dibangun berukuran 12 kali 8 meter. “Sebelumnya sudah ada dua titik, masing-masing berukuran 6 kali 6 meter. Cukup kecil, sehingga untuk gardu pandang yang baru ini bisa lebih representatif bagi para pengunjung,” ujar Agung.

Pembangunan gardu pandang ini dialokasikan Rp 650 juta. Ada juga tambahan anggaran untuk pembangunan gapura dan perlengkapan papan informasi Rp 385 juta. Anggaran itu sama-sama sumber dari DAK.

Dengan adanya tambahan fasilitas ini, Agung berharap bisa meningkatkan minat pengunjung untuk datang ke Ranu Grati. Sehingga, retribusi yang diperoleh dari tempat wisata ini juga meningkat.

Tahun ini, Disparbud menargetkan bisa mendapatkan pemasukan Rp 30 juta dari ranu ini. Target itu sama dengan tahun  kemarin, namun tahun Minggu perolehannya mencapai Rp 30,147 juta. (eka/fun)