Taman Kios di Pasar Wisata Cheng Hoo Buah Beralih Fungsi

PANDAAN – Kondisi Pasar Wisata Cheng Hoo di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terus menjadi perhatian banyak pihak. Terutama di deretan kios pedagang buah. Setelah lapak barang dagangan yang terlalu menjorok ke luar, kali ini banyak pedagang yang menyalahgunakan fungsi taman di depan kiosnya.

Taman yang sejatinya menjadi pelengkap agar pasar itu terlihat makin indah, berubah fungsi. Banyak pedagang yang menjadikannya sebagai tempat penyimpanan barang. Seperti keranjang, boks, tempat sampah, dan lain sebagainya.

“Sudah sering kami ingatkan para pedagang di deretan kios buah itu agar tidak menaruh barang di atas taman. Tapi, tidak digubris dan jadinya seperti sekarang ini,” ujar Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Wisata Cheng Hoo Pandaan Hari.

Terpisah, Kabid Industri Disperindag Kabupaten Pasuruan Heru Hermandi mengakui banyaknya pedagang yang menaruh barangnya sembarangan. Ia mengaku, telah mendapatkan laporan dari paguyuban pedagang dan sejumlah pengunjung. “Barang yang ditaruh di atas taman pasti akan kami tertibkan. Selain merusak taman, juga itu bukan tempatnya. Itu sudah ngawur, mestinya barangnya dibawa pulang, bukan malah ditaruh di taman,” ujarnya.

Agar lebih tertib dan tidak berlanjut, Heru mengaku, telah berkoordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Pasuruan untuk turun menertibkannya. Begitu juga dengan lapak barang pedagang yang terlalu maju juga akan ditertibkan.

“Taman dulu sengaja dibangun untuk mempercantik pasar wisata ini. Khususnya, di depan deretan kios buah. Bukan malah dirusak dan digunakan sebagai tempat menaruh barang. Pasti akan segera kami ditertibkan,” ujar Heru. (zal/fun)